in how to, linux, mail server

Modify user, domain, quota, dan configuration qmail dengan vpopmail

image_pdfimage_print

Beberapa waktu lalu saya membangun sebuah server mail mengunakan qmail dengan user 3000 an, kemudian set default untuk user quota 10M dan untuk default domain quota 100GB, dan kita akan membuat beberapa email dengan quota 50/100M bisa tidak ya? karena kita sudah set user quota 10M, mari kita masalah diatas dengan mengunakan control panel atau admin dari qmail..

Screenshot-Add Domain admin (senior)

Screenshot-Add Domain admin (senior)

Dengan mengunakan vqadmin sangat mudah sekali bisa dilihat disamping ini anda tinggal memasukan saja domain apa yang akan anda masukan, password untuk admin biasanya usernya postmaster@domain.anda kemudian jumlah / banyaknya user pada account, forwarding, alias, dan mailing list. kemudian yang paling penting quota, quota disini adalah quota peruser pada domain tersebut. dan berapa setinggan untuk mendisable beberapa fitur-fitur yaitu mendisable pop akses, imap akses, dialup akses, ganti password web akses, dan juga email relay. Menurut saya fitur ini cukup lengkap tapi masih saja ada yang kurang seperti setting jumlah total pesan pada user dan domain, serta quota domain.

Screenshot-Modify Email Account admin (senior)

Screenshot-Modify Email Account admin (senior)

Pada gambar disamping ini adalah untuk control panel pembuatan user account, fitur2nya pun cukup lengkap, quota user pun bisa diisi dan jika tidak pun bisa karena sudah diset defaultnya ,, mudahnya tinggal add saja vqadmin ini memang simple dan mudah digunakan. orang awampun bisa untuk memanagenya. Ada beberapa tools web yang bisa dipakai untuk setting qmail diantranya adalah vqadmin, vpopmail. kekurangan pada vqadmin dilengkapi oleh vpopmail yaitu  pembuatan alias, forwarding, auto answers, dan juga mailing list.

Berikut saya belikan cara atau trik via console.. Cara ini untuk para administrator yang ingin menambah atau memodifikasi domain dan juga account emailnya.

pada tulisan berikutnya part2.

 

Write a Comment

Comment

Webmentions

  • Add pop on qmail ( konsole mode )

    […] tulisan pada¬†part1,, lansung saja ini adalah app yang ada pada vpop yang digunakan untuk add, modifi, info, dan del […]