in Hotspot proxy, gateway & router

Perfect proxy & gateway Vyatta vs Mikrotik

image_pdfimage_print

Setelah saya mencoba mengunakan proxy server dan gateway dengan mengunakan beberapa software dan aplikasi proxy. Saya akan menjelaskan kenapa saya memilih vyatta dan kenapa saya tidak berpihak dengan mikrotik?? Saya sangat dipermudah dalam mengunakan router dan sebagai gateway mengunakan Mikrotik dengan banyak kemampuan dari webproxy, trafik filter, blocking, dan banyak sekali fitur untuk monitoring. Saya juga sebetulnya saya juga suka dengan fitur2 dari mikrotik yang sangat lengkap, hanya saja saya agak sulit memodifikasi router, proxy dan gateway. Setetah mencoba vyatta server saya merasakan sedikit perbedaan saya dapat membuat server proxy lengkap dari IDS, IPS, content filtering, monitoring, serta dapat menambahkan aplikasi yang saya inginkan seperti ntop, iftop, iptraf, tcpdump, cacti, dan banyak lagi yang membuatnya powerfull dalam satu mesin saja.

Mungkin semua hampir sama tetapi untuk menciptakan internet sehat dibutuhkan content-filtering ( saya biasanya mengunakan bantuan snort ). Ini intinya sangat membantu dalam menadministrasi jaringan network, apalagi dilengkapi berbagai fasilitas blocking seperti yang dilakukan oleh domain blocker yang dilakukan oleh pencetus internet sehat di indonesia ( dns nawala ). Bagi yang memiliki warnet saya sangat menganjurkan mengunakan content inspection karena tidak hanya pada url yang block tetapi bisa pada content / isi website dan juga isi dari chat. Untuk warnet yang tidak ingin terkena UUITE harus menyediakan 1 satpam yang bisa menangani pelangaran itu semua, saya memilih mengunakan vyatta ini yang termasuk kedalam jaringan network saya dan alhasil satpam saya bisa berpatroli untuk membantu memperlancar dalam mendukukung sepenuhnya UUITE. sekian dan salam,,

Write a Comment

Comment

  1. mas bro, saya pengguna vyatta 6.2 gimana caranya konfigurasi ips,ids dan ntop, iftop, iptraf, tcpdump, cacti. minta sharenya dong, please

    terima kasih

    • Terima kasih u/ arfan sudah berkunjung di blog saya. Untuk ips/ids serta content filtering itu bisa mengunakan dukungan snort, kalau ntop, iftop, iptraf, tcpdump cacti / mrtg saya modifikasi sendiri karena masih berhubungan dengan distro asal yakni debian, jadi saya masukan apt-source dari ubuntu/debian. Saya akan tulis seting dan konfigurasi vyatta pada tulisan saya berikutnya, tunggu ya..

    • Selamat datang mikrotik indonesia, semua proxy memiliki taste yang berbeda untuk para pengunanya. Mikrotik telah banyak mengupdate fitur-fitur terbaru seperti L7-protocol ini yang sangat membantu dalam filtering / firewall. Content-filtering disini bukan hanya block website tetapi lebih mengarah ke content yang diambil oleh penguna internet, bahkan sampai saat kita browsing, post content to web, chat, text/content on file archive (zip, tar.gz, gz,7zip,rar,etc), bisa jg di filtering dengan memblock kata-kata yang diinginkan. terima kasih atas kunjungannya.