in gadged, tips ,trik & review

[ Tips & Trik ] Riview Blackberry Ori ( Resmi ), Rekondisi dan BM

image_pdfimage_print
Blackberry BM dan rekondisi

Blackberry BM dan rekondisi

Semaraknya bursa handphone selular blackberry yang semakin seperti kacang di negara kita ini, tidak sedikit dari distributor / penyedia hendphone blackberry melakukan rekondisi / BM ( blackberry bekas dari luar yang masih ok punya). Dengan adanya peremajaan hardware ini maka kita harus berhati2 dalam memilih blackberry, jangan sampai kita mendapatkan blackberry rekondisi / BM yang tidak bagus. Banyak tips dan trik untuk memilih blackberry, tetapi sebelum masuk ke tips dan trik kita harus mengetahui beberapa perbedaan dari blackberry dengan handphone biasa. Pengunaan blackberry utamanya memiliki fiture online sepanjang hari dengan mengunakan apn dari operator sebagai pusat media server data. Untuk fiture2 ini biasanya dibatasi oleh operator sesuai dengan paket data yang kita pilih, dan setingan data tersebut di push ke handled ( balackberry ). Fungsi yang membuat handled blackberry menjadi peringkat no 1 di negara kita ini ada fiture Blackberry Messenger yang sangat memudahkan semua orang yang terhubung dalam menyalurkan data, chating, dan bahkan tidak sedikit yang mengunakan sebagai permainan ( BBM caro ).

Tips dalam memilih blackberry khususnya untuk handled blackberry yang 2nd / rekondisi / BM.

1. Data dan Voice

Jangan tertipu dengan data dan voice pada blackberry yang tertera adalah 0. Saat ini banyak handled blackberry yang rekondisi tetapi voice data 0 karena itu bisa saja di reset to factory. Untuk melihatnya hal yang pertama dilakuakan adalah mengcek data dan voice dengan cara :

option -> pilih status -> kemudian ketik BUYR ( untuk storm tekan menu bb kemudian show keyboard ).

 

data & voice

blackberry data & voice usage

2. Pin dan imei

Ini sangat penting karena pin blackberry resmi dapat digunakan selama seumur hidup, tetapi blackberry yang telah diperbaharui dari suspen / lock / telah di regenerate sewaktu2 bisa suspend / lock, lalu bagaimana cara check pin dan imei ? caranya cukup mudah biasanya blackberry yang resmi mudah dalam proses registrasi package, jika sudah terregistrasi maka koneksi pada hendled blackberry bertuliskan huruf capital 3G, EDGE, GPRS, dan GSM. Setelah terregristasi paket blackberry internet service buka ulr / site operator.blackberry.com contoh :

buka indosat.blackberry.com / telkomsel.blackberry.com / xl.blackberry.com, tergantung pada operator yang anda gunakan saat ini. Kemudian buat account anda di disite tersebut dan saat membuat account anda akan diminta memasukan imei dan pin jika berhasil maka pin dan imei anda tidak dalam masa suspend / lock operator / dan handled yang anda gunakan aman. Akan ada popup Your device has not yet been registered with the network maka pin dan imei anda masih fresh belum ada yang mengunakan sebelumnya tapi jika tidak ada atau popup The Blackberry is registered with another provider/carrier kemungkin ada yang sudah mengunakan sebelumnya ( kemungkin handled adalah 2nd / bekas ). Dan yang terakhir adalah lock operator, Your Account is already registered atau Your Account is SUSPENDED BY Telkomsel maka berhati2 saja untuk membeli handled yang mungkin bisa atau bahkan tidak bisa dipakai lg. Cara untuk memastikan jika pin dan imei ke lock oleh operator maka ikuti langkah kick pin dan imei blackberry. Dan untuk imei ada cara lain biasanya mengunakan numberingplans.com silahkan check langsung di websitenya, jika tidak terdaftar jangan takut karena tidak semua blackberry device terdaftar imeinya disana. Yang penting di operator anda sudah bisa di release pin dan imeinya.

3. Segel

Segel ini adalah salah satu patern dalam membeli handled blackberry baru. Usahakan anda benar-benar teliti dalam melihat segel pada saat diberikan dus dan handled blackberry oleh toko yang ditunjuk distributor. Jika segel rusak atau tidak baik segera komplain dan minta handled yang lain, atau pinda dari toko tersebut ke toko yang lain. Perhatikan segel pada dus, jika tidak ada masalah perhatikan segel pada handled benar pada tempatnya atau tidak, dalam keadaan baik / rusak. Jika sudah semua cocokan imei dan pin pada software, handled, dan dus jika cocok semua anda bisa check ke no 2 diatas. Setelah itu coba dulu 1  – 2 jam handled di sana agar saat terjadi apa ( kesalahan pabrik ) anda bisa segera meminta tukar dengan yang baru.

4. Port charger, Usb storage dan memory reader.

Check port charger dengan mencoba mengecas dan mencoba mengkoneksikan ke pc / laptop, beberapa handled suka restart saat dicolokan ke pc / laptop. Dari pada setelah kita bawa pulang ternyata bermasalah maka check semua secara mendetail agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan mendatang..

 

Berhati2 itu penting, celi dalam memilih itu modal untuk anda bisa mengunakan handled dalam jangka waktu lama.

Write a Comment

Comment